Allez au contenu Allez à la navigation

Kulit sensitif atau kulit tidak toleran

Pahami Lebih Baik - Rawat dengan Tepat

Share

Tipe kulit sensitif sering merasakan gejala tidak menyenangkan di wajah, dengan atau tanpa kondisi eritema (kemerahan). Gejala-gejala ini dapat termasuk kesemutan, rasa sesak, sensasi panas, atau bahkan terasa terbakar dan kadang-kadang terjadi pruritus (gatal). Tipe kulit ini seringkali tidak dapat mentolerir pemakaian berbagai produk kosmetik pada wajah.

 

 
Summary
  1. BAGAIMANA ANDA BISA TAHU JIKA MEMILIKI KULIT SENSITIF ATAU TIDAK TOLERAN?
  2. APA YANG MENYEBABKAN KEPEKAAN KULIT?
  3. SIAPA SAJA YANG DAPAT MENGALAMI KULIT SENSITIF / TIDAK TOLERAN?

BAGAIMANA ANDA BISA TAHU JIKA MEMILIKI KULIT SENSITIF ATAU TIDAK TOLERAN?

Kulit sensitif dan tidak toleran bereaksi lebih dari kulit normal; bersifat hiper-reaktif. Hal ini berlaku juga pada rasa seperti tertusuk, panas, menyengat, dan gatal (lebih jarang), biasanya terasa sebentar-sebentar.

Terkadang dikombinasikan dengan kemerahan, perasaan tidak nyaman ini dilebih-lebihkan sebagai reaksi terhadap berbagai macam rangsangan yang biasanya tidak memicu iritasi.

Faktor-faktor pemicunya dapat berupa:

  • Fisik: radiasi UV, suhu panas atau dingin, angin, variasi suhu, gesekan, dll.

  • Kimia: kosmetik, sabun, air, krim cukur untuk pria, dll.

  • Psikologis: stres, emosi, dll.

  • Hormonal: siklus menstruasi, dll. Faktor internal: makanan pedas, dll.

Kulit sensitif dan tidak toleran karenanya bereaksi berlebihan / hiperreaktif terhadap suatu rangsangan biasa. Reaksi hipersensitivitas ini adalah hasil dari tingkat toleransi yang rendah. Semakin sensitif kulit, semakin rendah batas toleransinya. Pada fenomena kulit sensitif ini, kulit menjadi reaktif namun hanya untuk sementara, pada waktu-waktu tertentu. Sedangkan kulit yang tidak toleran secara konstan atau hampir selalu bereaksi. Itu sebabnya, Anda membutuhkan pelembap wajah untuk kulit sensitif, pembersih wajah untuk kulit sensitif, dan sabun muka untuk kulit sensitif.

APA YANG MENYEBABKAN KEPEKAAN KULIT?

Ada dua faktor utama yang memengaruhi turunnya tingkat toleransi kulit sehingga menjadikan sensitivitasnya meningkat.

Pertama, selaput pelindung kulit yang terdapat pada lapisan epidermis di kulit yang sensitif, fungsinya terganggu. Hal ini mendorong kulit menjadi dehidrasi dan berpotensi untuk iritasi.

Tampaknya juga kulit sensitif mengeluarkan terlalu banyak sitokin proinflamasi (zat yang disekresikan oleh sel-sel kulit) dan neuromediator-neuromediator tertentu melalui ujung saraf yang dangkal. Sekresi abnormal ini kemudian menimbulkan sensasi tidak menyenangkan yang akan dirasakan oleh orang memiliki tipe kulit sensitif. Tipe kulit sensitif dan kulit tidak toleran juga menghasilkan terlalu banyak radikal bebas. Itu sebabnya, Anda membutuhkan pelembap wajah untuk kulit sensitif, pembersih wajah untuk kulit sensitif, dan sabun muka untuk kulit sensitif.

SIAPA SAJA YANG DAPAT MENGALAMI KULIT SENSITIF / TIDAK TOLERAN?

Fenomena kulit sensitif ini sering terjadi melihat dari data yang menunjukkan sepertiga dari populasi orang dewasa memilikinya. Perempuan (60%) biasanya lebih sering memiliki kulit sensitif dibandingkan laki-laki (40%). Berdasarkan keluarga dan genetika, kulit beberapa orang lebih sensitif daripada yang lain, terutama yang berkulit cerah. Namun warna kulit tidak menentukan tingkat kepekaan kulit. Frekuensi kondisi ini umumnya menurun seiring bertambahnya usia.

Kulit sensitif mungkin atau bisa jadi tidak bisa dikombinasikan dengan tanda-tanda klinis dari kondisi wajah seperti rosacea, eksim atau dermatitis seboroik.

Tidak melakukan tindakan pencegahan terhadap faktor-faktor pemicu tradisional dapat menyebabkan fenomena tersebut muncul dan memburuk.

Memiliki kulit sensitif juga dapat menimbulkan konsekuensi psikologis, karena itu berarti hal-hal sederhana dalam hidup dapat terganggu oleh reaksi-reaksi yang ditimbulkannya. Selain itu mengatasi masalah dermatologis lebih rumit karena perawatan-perawatan lokal umumnya kurang berpengaruh. Itu sebabnya, Anda membutuhkan pelembap wajah untuk kulit sensitif, pembersih wajah untuk kulit sensitif, dan sabun muka untuk kulit sensitif.