Allez au contenu Allez à la navigation

Kulit kering hingga sangat kering

Pahami Lebih Baik - Rawat dengan Tepat

Share

Tanda pertama kulit kering hingga sangat kering adalah ketidaknyamanan pada wajah dan tubuh, terutama setelah berendam atau mandi dengan shower. Ketidaknyamanan ini meliputi rasa tidak nyaman pada kulit, kulit terasa kaku, bersisik, dan banyak lagi. Kulit yang kurang bergizi ini tidak lagi memenuhi perannya sebagai pelindung tubuh. Kulit kering yang sebenarnya adalah karakteristik dari jenis kulit tertentu, sering tertukar dengan kulit dehidrasi, yang biasanya merupakan kondisi sementara yang dapat Anda pelajari lebih lanjut di sini.

Summary
  1. APA SAJA GEJALA KULIT KERING ATAU KULIT YANG SANGAT KERING?
  2. APA YANG MENYEBABKAN KULIT MENJADI KERING?
  3. APA YANG MEMBEDAKAN KULIT KERING DENGAN KULIT DEHIDRASI?
  4. SIAPA YANG DAPAT MENGALAMI KULIT KERING?

APA SAJA GEJALA KULIT KERING ATAU KULIT YANG SANGAT KERING?

Kulit kering pertama kali ditentukan oleh perasaan. Orang merasa kulit mereka kering karena mereka merasa kulit tidak nyaman, kencang, dan mungkin kasar yang menyebabkan mereka berpikir bahwa aplikasi dari produk yang sesuai akan memberikan bantuan. Gejala-gejala ini terkadang bisa disertai dengan rasa gatal dan terbakar. Seorang dokter, bagaimanapun, akan memutuskan bahwa kulit kering (istilah xerosis juga digunakan) berdasarkan kriteria obyektif: penampilan kusam, tanda epidermal klinis spesifik deskuamasi (proses pengelupasan kulit), kulit pecah-pecah, kadang-kadang peradangan dan hilangnya elastisitas kulit. Penyimpangan pada permukaan kulit bahkan lebih signifikan dengan kulit kering. Kulit kering menjadi ekosistem yang menguntungkan bagi eksim untuk berkembang, terutama dalam bentuk pityriasis alba (tambalan kering). Mereka umumnya muncul di pipi dan lengan anak-anak dengan kulit kering sistemik (yang terjadi sebagai bagian dari dermatitis atopik). Itu sebabnya, Anda perlu membersihkannya dengan sabun muka untuk kulit kering dan merawatnya dengan pelembap untuk muka kering.


Dalam kisaran kulit kering, ada berbagai tahapan:

  • Kulit kering: ketidaknyamanan sementara, sedikit sesak dan deskuamasi ringan;
  • Kulit sangat kering: ketidaknyamanan dan sesak yang signifikan, deskuamasi intens, timbul retakan pada kulit dan pecah-pecah;
  • Xerosis pra-atopik: kulit kasar, kering (tambalan kering) dan iritasi ringan.

APA YANG MENYEBABKAN KULIT MENJADI KERING?

Kulit sehat secara alami dilindungi permukaannya oleh film hidrolipid, yang mayoritas terdiri dari air dan lipid (sebum). Lapisan ini kedap air, melindungi kulit dari faktor stres eksternal dan mengurangi risiko kehilangan air. Ketika lapisan atas epidermis tidak memiliki keseimbangan air dan lipid yang baik, kulit tidak lagi dapat secara efektif memenuhi fungsinya sebagai pelindung tubuh dan menjadi tidak nyaman pada level yang bervariasi, seperti dijelaskan di atas. Berbeda dengan kulit dehidrasi, kulit kering atau sangat kering adalah kondisi kronis yang umumnya disebabkan oleh kelainan genetik. Ini adalah jenis kulit, seperti kulit berminyak, kulit kombinasi, dll. Selain kulit kering bawaan atau sistemik, ada juga kondisi kulit kering yang dipicu oleh faktor lain: kondisi eksternal, lingkungan atau cuaca, penyakit kulit (eksim atopik, psoriasis, dll.), penyakit umum (tiroid, diabetes, defisiensi nutrisi, dll.) dan / atau perawatan medis.

APA YANG MEMBEDAKAN KULIT KERING DENGAN KULIT DEHIDRASI?

Kulit kering atau kulit sangat kering menandakan jenis kulit tertentu. Ini adalah kondisi permanen yang ditandai dengan rasa kencang di seluruh wajah dan tubuh yang disebabkan oleh kelainan pada pertahanan kulit. Meski tekstur kulit Anda baik-baik saja, namun terlihat kemerahan, serta kekurangan air dan lipid. Sedangkan kulit yang mengalami dehidrasi dapat memengaruhi orang-orang dari semua jenis kulit pada satu waktu atau lainnya selama hidup mereka. Ini adalah fenomena sementara yang bersifat reversibel, dengan karakteristik kulit kencang yang terlokalisasi (di satu bagian tertentu saja) dan sesekali akibat proses pengikatan air yang buruk di dalamnya sehingga kulit kekurangan air. Itu sebabnya, kulit kehilangan kelembapannya, membuatnya tidak nyaman, terkadang bersisik, dan menjadikan kulit kusam. Pelajari lebih lanjut tentang kulit dehidrasi di sini

SIAPA YANG DAPAT MENGALAMI KULIT KERING?

Beberapa orang terlahir dengan kulit kering; itu adalah bagian dari warisan genetik mereka. Penting juga untuk memahami bahwa kulit berubah seiring bertambahnya usia. Kulit anak-anak biasanya lebih kering (kecuali pada bayi baru lahir; namun, kehilangan air lebih signifikan pada usia tersebut), menjadi berminyak pada masa remaja dan kemudian menjadi kering lagi di masa dewasa (kelenjar sebaceous dan kelenjar keringat menjadi kurang berfungsi). Penuaan kulit alami menyebabkan lapisan epidermis menjadi lebih tipis (karena tingkat pembaharuan selnya berkurang) dan lapisan tanduk menjadi lebih tebal. Itu sebabnya, Anda disarankan menggunakan pelembap untuk muka kering.